Selamat Datang

Kaligrafi

Selasa, 16 Oktober 2012

PELUKIS JEIHAN


Jeihan Sukmantoro


Melukiskan sosok gadis dengan latar belakang cahaya gelap dan cahaya terang, dalam tatapan sedih namun kosong, seolah sang gadis diantara dua ruang waktu, yaitu masa lalu dan masa depan, disisi gelap merupakan masa lalunya yang kelam, dan disisi lainya adalah masa depan yang menawarkan kesempatan dan peluang baginya untuk merajutnya.

Sosok gadis terlihat merenung, masih terbelenggu pada masa lalunya, namun dalam hati kecilnya, masa depan sedang menanti, masa depan yang masih berupa lembaran putih, menunggu apapun yang ingin dituliskan untuk masa depannya.

Lukisan ini menampilkan sisi kesederhanaan, baik dari sisi tehnik lukisan maupun makna lukisan, terlihat dari bidang warna dan obyek lukisan minimalis, sebagaimana ciri khas dari gaya lukisan Jeihan.
Pelukis Jeihan Sukmantoro lahir di Solo - Jawa Tengah, pada tanggal 26 September 1938. Ia adalah seorang pelukis terkenal Indonesia, corak gaya lukisanya
berkarakter figuratif yang khas, hampir setiap obyek manusia di dalam lukisanya adalah figur dengan mata hitam pekat, dengan warna-warna datar dan sederhana.
Karya Jeihan S

Secara filosofis, seolah Jeihan memadukan alam mistik timur dengan alam analitis barat. Karyanya yang diam kukuh mencitrakan suasana meditatif. Lebih dari 50 event pameran tunggalnya sudah diselenggarakan di berbagai kota dalam dan luar negeri. Selain pameran tunggal, Jeihan juga berpameran bersama para pelukis Indonesia lainnya di berbagai tempat.

Berlatar belakang pendidikan ITB, telah memotivasi Jeihan pada sikap pribadi yang amat konsisten dan disiplin dalam mendedikasikan hidupnya pada bidang seni khususnya seni lukisa. Terbukti dengan karya-karya lukisan bernilai seni tinggi yang memiliki makna filosofis dalam, yang tergali dari setiap imajinasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar