PENGERTIAN SENI GRAFIS
Seni grafis merupakan karya seni
rupa yang memiliki wujuddua dimensi dan perwujudannya melalui proses
percetakan.
KARAKTERISTIK SENI GRAFIS
1. Karena dapat direproduksi, maka hasil karya yangdihasilkan
bisa lebih dari satu
2. Hasil karya seni grafis merupakan hasil karyacetak, bukan
tulisan tangan
3.
Karya seni grafis ditentukan oleh cara/teknikpencetakan, sehingga hasil karya seni grafis memiliki karakter sesuai denganteknik pencetakannya
Karya seni grafis ditentukan oleh cara/teknikpencetakan, sehingga hasil karya seni grafis memiliki karakter sesuai denganteknik pencetakannya
4. Karakteristik seni grafis ditentukan oleh jenismedia yang
digunakan
PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi yangmenggunakan gambar untuk menyatakan pesan atau informasi
seefektif mungkin.
Desain grafis merujuk kepada:
- Perancangan
- Pembuatan/metode yang digunakan
- Hasil karya (rancangan)
- Disiplin ilmu yang digunakan
PRINSIP DAN UNSUR DESAIN
Unsur :
bentuk,tekstur, garis, ruang dan warna (RGB)
Prinsip :keseimbangan, ritme,
tekanan, proporsi, dan kesatuan
KAIDAH DALAM SENI GRAFIS
Etika/tingkah laku, sifat dan
sikap :
norma yang membuat sikap menjadi baik
Estetika
:keindahan. Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan
keindahandan mempelajari segala aspek dari apa yang kita sebut dengan keindahan
ALASANMEMPELAJARI ESTETIKA
1. Karena karya seni dan desain yang alami begituberharga
sehingga harus dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desainitu
sendiri
2. Pengalaman estetika (pengalaman mengenai karyaseni dan
desain) begitu berharga baik untuk diri sendiri dan masyarakat luas
3. Karena pengalaman estetika begitu bernilai bagidiri pribadi
sehingga harus dilakukan pengujian dan penelitian mengenaikualitas seni dan
desain itu sendiri
ESTETIKA DALAM INDUSTRI GRAFIS
KOMUNIKASI
Penggabungan estetika dengan
teknologi dalam industri grafiskomunikasi merupakan sesuatu yang komplex, yang
mengarah pada pengayaantertentu berdasarkan kebutuhan praktis.
GAGASAN DALAM REKAYASA ESTETIK
GRAFIS KOMUNIKASI
Merupakan teknin pengungkapan
estetika terapan melaluiproses belajar dan proses kreatif
IKATAN KERJASAMA DESIGNER GRAFIS
PADA PERUSAHAAN
- Pemasaran
:menentukan selera pasar/trend dengan melakukan penelitian.
- Keuangan
:menentukan kisaran biaya produksi
- Produksi
:menentukan kualitas dan efisiensi
- Teknisi
:menghasilkan karya yang banyak dan murah
KARAKTERISTIK DESIGNER
1. Mempunyai kecakapan teknis
2. Mengerti akan sifat bahan
3. Mengerti akan kebutuhan orang banyak
4. Selalu ingin tahu
5. Ketajaman melihat
6. Inisiatif
7. Senang dan cakap
8. Kepercayaan
9. Kejujuran
11. Memperhatikan
resiko dan mempertanggung jawabkankaryanya
2. Mengumpulkan
data
13. Tekun dan
mengerti maksud dan tujuannya
TEMA FUNGSI DESAIN
1. Rasional (masuk akal)
Media yang mengarah ke rasional
yangberfokus pada praktek, fungsi, atau kebutuhan masyarakat
2. Humor/jenaka
Penampilan humor/jenaka merupakan
strategimencapai sasaran komunikasi grafis
3. Rasa takut
Rasa takut lebih efisien digunakan
untukmemperbaiki motivasi.
· Mengidentifikasi konsekuensi negatif jikamenggunakan produk
· Mengidentifikasi perilaku yang tidak aman
4. Patriotik
Tampilan visual patriotik (hero)
kadangdihadirkan untuk menambah rasa kepercayaan masyarakat terhadap berita
yangdiinformasikan
5. Kesalahan
Tujuan media yang bersifat kesalahan
iniagar masyarakat yang melihatnya bisa memperbaiki adegan/berita kesalahan
yangdiinformasikan
6. Kaidah
Biasanya berhubungan dengan
aturan-aturanyang tidak menyinggung SARA (suku, adat, ras dan agama)
7. Simbol
Simbol adalah tanda yang mempunyai
hubungandengan objek yang mempunyai peraturan yang sifatnya umum
8. Pengandaian
Merupakan harapan atau adegan-adegan
kedepan sebuah tujuan
9. Emosional
Sebagian masyarakat tertarik pada
berita yangdiinformasikan melalui pendekatan emosional dengan perasaan si
penghayat yangmengesampingkan atribut dari lembaga yang menginformasikan
PERENCANAAN DESAIN
- Syarat-syarat yang ditentukan dalam penyatuan(designer,
pemasaran, dan produksi)
- Kecocokan adanya prinsip ilmu pengetahuan denganteknik
komputer dengan mesin produksi
- Sesuai dengan lingkungan
- Kecocokan sifat desain dari satu bagian denganbagian lain
- Kemungkinan desain dan cara pemakaiannya
NIRMANA DALAM DESAIN
Nirmana dalam desain merupakan
strategi atau langkah-langkahyang harus dilakukan dalam penciptaan desain
grafis agar menghasilkan karyayang mempunyai rasa estetika tinggi
Nirmana merupakan ilmu dasar
kedesainan yang mempelajariunsur dan prinsip desain
Nirmana dalam grafis mencakup empat
hal:
1. Kesatuan
2. Keteraturan
3. Keragaman
4. Komunikatif
1. Kesatuan
Kesatuan merupakan suatu cara
untukmenggabungkan dan menyatukan unsur visual yang ditata sesuai dengan konsep
idesi pencipta dalam desain menjadi bentuk media grafis
2. Keteraturan
a. Keteraturan unsur-unsur visual yang ditatasehinga menjadi
tertata dalam satu bentuk media grafis
b. Teraturnya tatanan unsur visual yang akan membuahkankesan
pandangan yang bulat dan optimal
3. Keragaman
a. Unsur-unsur yang ditata agar nampak lebihbermakna, tidak
hambar, dan tidak membosankan
b. Secara keseluruhan, objek yang ditampilkansaling didukung
dan saling ngait yang menguntungkan
4. Komunikatif
Segi komunikatif pada grafis komunikasi
harussangat diperhatikan. Bila karya kurang komunikatif, berarti karya
tersebuttidak berhasil, atau sesuatu yang diinformasikan kepada khalayak tidak
akansampai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar